Class Group Procurement

Seperti proses apapun proses pembelian terdiri dari beberapa langkah atau kegiatan setiap langkah mengambil informasi, memprosesnya dan berubah menjadi output untuk dimasukkan ke langkah berikutnya. Sementara proses pembelian bervariasi dari organisasi ke organisasi, fundamental utama tetap sama.

mmm

Perintis jam tangan sejak tahun 1905, Rolex berada pada pangkal tonggak sejarah inovasi dalam pembuatan jam tangan, termasuk jam tangan anti-air yang pertama – Oyster – dan rotor Perpetual dengan mekanisme putar automatis. Selama lebih dari seabad, jam tangannya telah menemani penjelajah dan penyukses dari seluruh dunia, dari puncak gunung tertinggi hingga lautan terdalam.

  1. Permintaan untuk membeli / permintaan

Tahap ini berkaitan dengan identifikasi kebutuhan – apa yang harus dibeli – berapa banyak – dan kapan dibutuhkan – ada dua bentuk permintaan utama – yang manual yaitu yang dibuat pada formulir (seperti formulir permintaan) atau lainnya. Dokumen dan yang dibuat secara otomatis melalui sistem tipe ERP. Permintaan kemungkinan akan melalui proses persetujuan dimana otorisasi diberikan untuk membeli barang tersebut (atau tidak!)

  1. Pemilihan pemasok

Pembeli mungkin sudah mengetahui pemasok mana yang akan membeli barang dari permintaan. Jika bukan proses tender (atau permintaan penawaran) dapat dimulai untuk mengidentifikasi pemasok, harga dan waktu tunggu.

  1. Pesanan pembelian

Pemesanan pembelian dikirim ke pemasok (baik salinan kertas atau elektronik) untuk menginformasikan pemasok tentang niat untuk membeli. Urutan pembelian akan mengidentifikasi barang yang dibeli, jumlah yang dibutuhkan dan harga yang harus dibayar. Ini juga akan mengidentifikasi alamat pengiriman dan syarat dan ketentuan yang terkait dengan pesanan. Klik di sini untuk panduan tentang cara membuat template Purchase Order menggunakan Excel.

  1. Pemenuhan

Pemasok kemudian akan mengirimkan barang ke organisasi pembelian. Lead time mungkin diperlukan untuk memungkinkan pemasok memproduksi barang atau menerima pengiriman dari pemasok Mitsubishi sendiri.

  1. Tanda terima barang

Begitu barang tiba di organisasi pembelian, mereka biasanya akan melalui beberapa bentuk proses penerimaan barang dimana barang diperiksa untuk memastikan sesuai dengan pesanan dan kualitasnya benar.

  1. Faktur / pembayaran Pemasok

Pada saat pengiriman, pemasok biasanya akan menerbitkan faktur – yang menyertai barang atau dikirim secara terpisah. Ini akan diterima oleh departemen keuangan – diproses dan dibayar (dengan asumsi barang diterima dan benar).

a. PEMBUATAN JAM TANGAN ROLEX JAM TANGAN

Perintis dalam pengembangan jam tangan, Rolex mendesain, mengembangkan, dan memproduksi semua komponen-komponen penting dari jam-jam tangannya secara internal, mulai dari pencetakan pada emas campuran hingga proses menggunakan mesin, pengukiran, perakitan, dan penyelesaian dari mesin jam, cangkang, pelat dan tali jam.

  1. Desain
  • JENEWA – ACACIAS

Kantor Pusat Rolex adalah pusat manajemen, penelitian dan pengembangan, perancangan, kegiatan komunikasi, penjualan, dan layanan purnajual. Ini juga merupakan tempat terjadinya pemasangan terakhir komponen-komponen yang dikirim dari tiga situs lainnya dan pengawasan mutu dari jam tangan yang sudah selesai dibuat.

2. Cangkang dan tali jam

  • JENEWA PLAN-LES-OUATES

Situs Plan-les-Ouates menggabungkan seluruh kegiatan pengembangan dan produksi cangkang dan tali jam tangan, mulai dari penuangan emas cair dan pembentukkan bahan mentah sampai ke permesinan dan pemolesan akhir. Terdiri dari enam gedung yang kesemuanya dihubungkan oleh sebuah titik pusat menjadikannya situs Rolex terbesar. Ini adalah pabrik peleburan di mana Rolex menghasilkan emas campuran 18 karat untuk jam tangannya, yaitu: emas kuning, emas putih, dan emas Everose, sebuah campuran emas merah muda eksklusif yang diproduksi oleh Rolex.

3. Mesin Jam

  • BIENNE

Situs Bienne adalah fasilitas produksi mesin jam tangan Rolex. Lebih dari 2.000 orang terlibat dalam proses pembuatan dan pemasangan ratusan komponen yang membentuk mesin jam Rolex. Komponen yang kebanyakan berukuran sangat kecil sekaligus rumit secara geometris, dibuat dengan presisi hingga ukuran yang hanya beberapa mikron saja. Proses pembuatan yang penuh ketelitian ini membuat 100 persen mesin jam tangan Rolex memenuhi persyaratan ketepatan dari Swiss Official Chronometer Testing Institute (COSC). Pemasangan dan pengaturan mesin jam tangan tersebut dilakukan sepenuhnya dengan tangan, oleh para operator dan pembuat jam tangan yang sangat ahli.

4. Pelat jam tangan dan peletakkan permata

  • JENEWA CHÊNE-BOURG

Situs Chêne-Bourg menampung kegiatan pengembangan dan pembuatan pelat jam tangan, dan juga segala permata dan penempatannya. Perwujudan wajah Rolex terjadi di sini berkat keajaiban kombinasi dari teknologi canggih dan keahlian tradisional dari para pembuat pelat jam tangan.

Sumber :

https://www.rolex.com/id/watches/rolex-watchmaking/made-in-switzerland.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s