Supply Chain Management

Supply Chain Management (SCM) pada hakekatnya adalah sinkronisasi dan koordinasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan aliran material/produk dan informasi, baik yang ada dalam satu organisasi maupun antar organisasi. Aliran material/produk dan informasi dalam satu organisasi, misalkan sebuah industry manufaktur, adalah sesuatu yang komplek. Salah satu kunci keberhasilan suatu Jewellery Store adalah keunggulan kompetitif ini dapat dicapai melalui berbagai jalan dan salah satunya ialah melalui supply chain management. Dasar-dasar kesuksesan kompetisi di pasar ada beberapa macam tetapi suatu model sederhana yang dapat dikemukakan yang cukup masuk akal adalah apa yang dinamakan “the Three C” yaitu the customers, the competition and the company. Sumber dari keunggulan kompetitif tersebut terletak pertama-tama pada kemampuan Jewellery Store untuk membedakan dirinya sendiri di depan mata konsumen dari para pesaingnya (value advantage) dan kedua dengan cara bekerja dengan biaya rendah yang dengan perkataan lain memperoleh laba yang lebih tinggi (productivity atau cost advantage).

Supply chain (rantai pengadaan) merupakan suatu sistem melalui mana suatu organisasi itu menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Rantai ini juga merupakan jaringan atau jejaring dari berbagai organisasi yang saling berhubungan yang mempunyai tujuan yang sama yaitu sebaik mungkin menyelenggarakan pengadaan atau penyaluran barang tersebut. Keunggulan kompetitif ini dapat dicapai melalui berbagai jalan dan salah satunya ialah melalui supply chain management. Sumber dari keunggulan kompetitif tersebut terletak pertama-tama pada kemampuan Jeweliery Store untuk membedakan dirinya sendiri di depan mata konsumen dari para pesaingnya (value advantage) dan kedua dengan cara bekerja dengan biaya rendah yang dengan perkataan lain memperoleh laba yang lebih tinggi (productivity atau cost advantage). Untuk mendapatkan cornpetitwe  advantage yang lebih unggul dari kompetitornya suatu Jeweliery Store harus mencapai dua puncak kesempatanyaitu menjadi kedudukan cost Ieadership dan service leadership.

Sumber : http://repository.wima.ac.id/853/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s