Warehouse Management

Warehouse adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang yang sudah jadi atau bahan baku yang akan digunakan untuk proses produksi dan juga barang-barang dari suatu pabrik tergantung dari jenis warehouse itu sendiri. Setiap pabrik memiliki desain gudang yang berbeda-beda, tergantung dari produk yang dihasilkan dari pabrik itu sendiri.

Tujuan Pendirian Warehouse :

Gudang dibutuhkan di dalam proses koordinasi penyaluran barang, yang muncul sebagai akibat kurang seimbangnya proses supply (penawaran) dan demand (permintaan). Kurang seimbangnya antara proses penawaran dan permintaan tersebut mendorong munculnya inventori (persediaan), persediaan membutuhkan ruang sebagai tempat penyimpanan sementara yang disebut sebagai gudang.

Manfaat Warehouse :

  1. —Manfaat waktu yang didapatkan adalah bahwa barang akan memberikan keuntungan lebih apabila barang tersebut disimpan digudang dan dikeluarkan ke pasar pada saat yang tepat.
  2. —Manfaat bentuk diperoleh apabila pada saat menunggu digudang dilakukan proses perakitan sehingga dari sisi bentuk, barang tersebut akan memberikan manfaat lebih kepada konsumen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s